Para Orang Tua Wajib Tau ! 5 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak - Gadget Terbaik

Para Orang Tua Wajib Tau ! 5 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak

Gedget seperti tidak terpisahkan dari kehidupan manusia, apapun dapat di akses oleh gadget. Gadget yang ringan dan mudah di bawa kemanapun menjadikannya sesuatu yang di perlukan oleh kebanyakan orang.

image source pasanganbahagia

Baca juga Cara Menghilangkan Notifikasi Mengganggu di Android

Bukan hanya orang dewasa, anak- anakpun kerap mejadi kecanduan oleh benda yang di namakan gadget itu. Banyak anak yang merasa bahwa gedget adalah kebutuhannya, karena dengan gedget mereka dapat bermain game dan menonton film kesukaan mereka.

Hal tersebut yang menjadi khawatir para orang tua, sebab jika nak sudah bermain gedget, dia lupa bahkan tidak mau malukakn hal lain selain bermain gedget seperti makan, mandi, bahkan belajar. Tapi para orang tua tidak perlu khawatir, kecanfuan gedget pada anak dapat di atasi dengan mudah.

Baca juga Tips Membuka HP yang Lupa Kata Sandi Tanpa Factory Reset

Berikut 5 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak

1. Batasi Penggunaan

kecanduan-gadget-anak-01
Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah memberikan batasan penggunaan gadget. Menurut beberapa pakar, seorang anak mulai diperbolehkan bermain gadget sejak usia 2 tahun dengan batasan maksimal 1 jam per hari. Sementara itu bagi mereka yang berumur 5 tahun ke atas batasi maksimal hanya 2 jam per harinya.

2. Berikan Waktu Tertentu

kecanduan-gadget-anak-02
Kemudian, kamu pun bisa memberikan waktu tertentu kepada anak-anak untuk bermain gadget. Misalnya saja anak-anak diperbolehkan bermain gadget pada weekend dan hari libur saja. Gunakan juga sistem reward, misal jika anak memperoleh nilai pelajaran di atas 9, maka dia bermain game selama 1 jam di hari libur.

3. Batasi Akses Internet di Rumah

kecanduan-gadget-anak-03
Akses internet yang ada di rumah bisa saja menjadi pintu gerbang awal seorang anak kecanduan gadget. Dengan inipun, anak-anak dapat dengan mudah mengakses konten apapun yang ada di dunia maya. Untuk mencegahnya, kamu bisa membatasi akses internet yang ada di rumah di luar kebutuhan kamu ya.

4. Aktivitas Bersama di Luar Ruangan

kecanduan-gadget-anak-04
Lalu, orang tua harus menjadi contoh yang baik bagi anak untuk terhindar dari kecanduan gadget. Selalu sediakan waktu luang bersama dengan anak untuk melakukan aktivitas bersama di luar ruangan. Jangan lupa siapkan banyak kegiatan berbeda, karena pada umumnya anak mudah bosan dengan kegiatan yang sama terus-menerus.

5. Child Mode dan Atur Password

kecanduan-gadget-anak-05
Terakhir, kamu pun bisa membatasi dengan memberikan password pada gadget, baik yang anak maupun kamu miliki. Kemudian kamu juga bisa mengaktifkan fitur khusus anak seperti Kids Mode pada Samsung atau Child Mode pada MIUI Xiaomi. Dengan inipun kamu bisa membatasi aplikasi mana saja yang dapat diakses anak-anak sehingga terhindari dari konten negatif loh.

Baca juga Membuat Foto Keren dengan Kamera Smartphone di Bawah 5 MP

Hindari anak anda dari kecanduan gedget, karena itu dapat berpengaruh negatif untuk anak anda, dan dapat membuat anak anda menjadi anak yang malas.

Nahh itu dia 5 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Shares

0 komentar:

Posting Komentar


Top