Cara Merawat Power Bank Agar Tetap Awet - Gadget Terbaik

Cara Merawat Power Bank Agar Tetap Awet

Power Bank merupakan salah satu benda yang paling di butuhkan banyak orang saat ini, sebab powerbank dapat di gunakan untuk mengisi ulang daya smartphone tanpa harus mencolokan kabel ke sumber listrik.
image source jalantikus

Baca juga 6 Smartphone Dengan RAM 4 GB Harga 1 Jutaan

Mungkin kamu pernah mengalami saat power bank yang baru kamu beli beberapa bulan lalu sudah mengalami kerusakan atau penurunan kualitas dalam menyimpan data, kerusakan ini di tandai dengan cepat habisnya daya dalam baterai power bank.

Agar power bank mu tetap awet dan tidak cepat mengalami kerusakan, kamu di haruskan untuk menjaga dan mearwat power bank mu agar tetap dapat di gunakan walau sudah lama di pakai. Perawatan ini sangat berguna agar power bank mu tetap awet.

Baca juga Cara Mudah Memperbaiki Android yang Tidak Mau Nyala

Berikut Cara Merawat Power Bank Agar Tetap Awet

1. Jangan Charge Terlalu Sering

Charge-Power-Bank
Terlalu sering mengisi daya power bank bukanlah hal yang benar untuk sebuah power bank. Karena, kebanyakan dari power bank memiliki baterai berjenis Li-Ion atau lithium-Ion yang mempunyai daya tahan hanya hingga 500 kali charge. Adapun power bank yang menggunakan baterai berjenis Li-Pho atau Lithium Polimer yang mempunya ketahanan sampai 1.000 kali charge.
Setelah melebihi batas maksimalnya, biasanya kapasitas baterai yang ada di power bank akan menurun.

2. Isi Sampai Penuh

Isi-Sampai-Penuh
Biasakan mengisi kapasitas power bank kamu sampai penuh. Tujuannya agar daya power bank tidak cepat habis dan tidak terlalu sering di-charge kembali.

3. Charge Sebelum Daya Kurang dari 20%

Charge-Sebelum
Biasakan lakukan pengisian ketika daya power bank kamu tersisa 20%-15% agar tidak merugikan power bank kamu. Usahakan isi daya kamu ketika indikator kapasitas baterai di power bank kamu menunjukan setengah atau seperempat.

4. Jangan Charge Secara Berlebihan

Jangan-Berlebihan
Merek-merek papan atas seperti Xiaomi dan Anker tidak perlu khawatir dengan masalah ini karena mereka mempunyai fitur Over Charging Protection yang akan langsung memutuskan daya ketika power bank sudah penuh.
Tapi, untuk power bank murahan, kemungkinan tidak dilengkapi dengan fitur ini. Jadi, jika kamu ingin power bank kamu tetap awet, sebaiknya kamu perhatikan ketika power bank kamu sedang diisi agar tidak di-charge secara berlebihan.

5. Hindari Suhu Panas dan Dingin

Power-Bank-Panas
Ketika sedang di-charge, hindari tempat yang tertutup . Karena, saat power bank sedang di-charge biasanya akan mengeluarkan hawa panas. Jika kamu simpan di tempat tertutup, kemungkinan power bank tidak mempunyai sirkulasi udara. Inilah hal yang membuat power bank kamu bocor dan menggelembung.

6. Jauhkan dari TV, Kulkas, dan Benda Elektronik Lain

Jauhkan-Dari
Jika kamu meletan power bank di dekat benda-benda elektronik yang memancarkan gelombang magnetik seperti Televisi, kulkas dan alat elektronik lainnya  , kemungkinan membuat power bank langsung mengalami kerusakan.

7. Jangan Terjatuh

Jangan-Jatuhkan
Hindari power bank dari benturan keras seperti terjatuh. Karena, hal ini memungkinkan komponen di dalam power bank seperti baterai dan permukaan output power bank tidak berfungsi dengan baik.

Baca juga 10 Fitur RAHASIA Yang Ada Di Smartphone

Powe bank adalah perlengakpan yang harus di miliki oleh pengguna smartphone, power bank memudahkan kita untuk mengisi daya di saja dan kapan saja, terutama jika sedang berada dalam perjalanan dan tidak adanya colokan pada kendaraan tersebut.

Nahhh itu dia Cara Merawat Power Bank Agar Tetap Awet. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Shares

0 komentar:

Posting Komentar


Top