Cara Menjadikan Kartu Memori Sebagai Penyimpanan Internal Android.Kamu Harus Tau ! - Gadget Terbaik

Cara Menjadikan Kartu Memori Sebagai Penyimpanan Internal Android.Kamu Harus Tau !

Android One jadi salah satu perangkat pertama yang terima upgrade Android Marshmallow. Untuk kamu pemakai device Android One, update ini sangatlah bermanfaat karena telah membawa dukungan full (read & write) terhadap MicroSD, yang sebelumnya sangat dibatasi penggunaannya di Android Lollipop.

image source saifulcomelektronik
Baca juga 3 Cara Cek iPhone Asli Baru dan Rekondisi

Salah satu fitur di Android 6.0 Marshmallow adalah mengubah SD card jadi memori internal. Pengguna bisa memindah data, baik itu aplikasi, media atau dokumen dengan lebih mudah, dan membuat sistem mengelola data dengan lebih baik.

Bagaimana sih jika kita mau menginstall banyak game, banyak aplikasi dan banyak buku tapi tidak menghabiskan penyimpanan internal. SDCard merupakan jawaban dari permasalahan tersebut, kita bisa memindahkan aplikasi APAPUN ke memori eksternal sehingga tidak menghabiskan penyimpanan internal pada smartphone khususnya Android.

Baca juga Cara Mengirim Pesan WhatsApp Tanpa Menyentuh Keyboard

Berikut  Cara Menjadikan Kartu Memori Sebagai Penyimpanan Internal Android.

Fitur Adoptable Storage

slot-micro-sd
Fitur Adoptable Storage tersedia di Android 6.0 Marshmallow, yang memungkinkan kartu microSD digunakan sebagai penyimpanan internal. Sebelumnya memang sudah ada sejumlah metode untuk melakukan tugas serupa. Namun, tidak mudah untuk diimplementasikan.

Kartu MicroSD Lambat

Sejumlah pabrikan ponsel menolak untuk menyematkan slot microSD, dengan dalih kartu memori itu lambat. Sehingga akan menurunkan user experience.
Tentu hal tersebut ada benarnya juga, makanya pastikan kartu microSD yang kamu gunakan itu berkualitas. Tak hanya besar kapasitasnya, tapi juga perhatikan kecepatan baca dan tulisnya.
Pastikan juga asli, ada harga ada rupa. Jika kamu pakai kartu microSD yang abal-abal, dipastikan performa smartphone kamu menurun dari waktu ke waktu.
Selain itu, menjadikan kartu microSD sebagai memori internal juga artinya kamu tidak bisa sembarangan mencopotnya lagi. Harus melalui prosedur yang ada, jika tidak media penyimpanan kamu bisa saja rusak.

Cara Menjadikan MicroSD Sebagai Memori Internal

Sudah siapkan kartu SD yang berkualitas? Pastikan kamu sudah back up data-data kamu di dalamnya, karena prosesnya akan memformat kartu SD.
Meski Adoptable Storage adalah fitur bawaan Android 6.0 Marshmallow. Produsen bisa saja menonaktifkan fitur tersebut. Berikut caranya:
  • Masukkan kartu microSD ke dalam smartphone Android kamu.
  • Setelah terdeteksi, buka "Settings". Cara-Menjadikan-MicroSD-Sebagai-Memori-Internal-1
  • Gulir ke bawah dan klik "Storage". Cara-Menjadikan-MicroSD-Sebagai-Memori-Internal-2
  • Pilih kartu microSD kamu dan klik tiga titik vertikal di pojok kanan atas layar. Lalu, klik "Storage settings". Cara-Menjadikan-MicroSD-Sebagai-Memori-Internal-3
  • Berikutnya pilih "Format as internal". Cara-Menjadikan-MicroSD-Sebagai-Memori-Internal-4
  • Kamu bakal diberi peringatan dan konfirmasi dengan klik "Erase & Format" dan klik OK untuk melanjutkan.
Baca juga 5 HP Tahan Banting Murah Terbaik untuk Aktivitas Outdoor

Dalam perkembangannya semakin hari semakin banyak aplikasi dan fitur multimedia yang membutuhkan ruang penyimpanan lebih besar terlebih jika anda hobi berfoto mendownload lagu, video ataupun menginstall game yang berukuran besar yang sudah tentu menghabiskan banyak ruang penyimpanan internal pada HP, dan faktanya semakin sempit ruang memori yang tersedia biasanya kinerja Smartphone jadi kian lambat. Untuk itu hadirlah slot tambahan eksternal microSD untuk menambah kapasitas penyimpana alhasil file seperti foto, lagu,video dll bisa juga dipindahkan agar ruang internal memori pada HP bisa tetap lega dan performa smartphone tetap cepat.

Nahhh itu dia  Cara Menjadikan Kartu Memori Sebagai Penyimpanan Internal Android. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Shares

0 komentar:

Posting Komentar


Top