Cara Menghilangkan Notifikasi Mengganggu di Android - Gadget Terbaik

Cara Menghilangkan Notifikasi Mengganggu di Android

Notifikasi di sebuah smartphone merupakan hal yang sangat penting untuk kita, terutama jika notifikasi tersebut terkait dengan email, sms, sosial media, maupun aplikasi aplikasi penting lainnya. Notifikasi tersebut akan sangat berguna bagi kita untuk mengetahui pesan ataupun informasi terbaru yang masuk di smartphone kita.

opposurabaya

Baca juga Membuat Foto Keren dengan Kamera Smartphone di Bawah 5 MP

Untuk pengguna perangkat gadget, kerap menemukan situasi dimana anda merasa terganggu dengan notifikasi. Baik berasal dari aplikasi atau game permainan, berisi hal-hal tidak penting. Namun kini ada cara mengatasinya bagi pengguna perangkat dengan operasional sistem Android.

Hampir setiap aplikasi yang terinstall di Smartphone kita memberikan notifikasi, namun jika notifikasi tersebut bersifat penting tentu tidak akan menjadi masalah, tapi bagaimana jadinya jika notifikasi tersebut tidaklah penting dan mengganggu aktifitas kita saat sedang menggunakan smartphone.

Baca juga Cara Mudah Memperbesar Resolusi Foto Tanpa Pecah

Berikut Cara Menghilangkan Notifikasi Mengganggu di Android

1. Menonaktifkan Pemberitahuan Promosi

menonaktifkan pemberitahuan aplikasi
Saat kita menginstal aplikasi maka secara otomatis kita mengijinkan aplikasi tersebut memberi notifikasi setiap saat. Fitur ini dibuat agar pemilik aplikasi bisa terus berhubungan dengan penggunanya. Namun seringkali fitur ini justru menganggu karena notifikasi yang muncul malah terlalu berlebihan atau tidak penting sama sekali.
Tetapi tidak perlu khawatir karena ada cara untuk menyetop notifikasi promosi tersebut. Caranya masuk ke menu Setelan>Suara & Pemberitahuan>Pemberitahuan aplikasi. Pilih salah satu aplikasi yang diinginkan, lalu hidupkan pilihan blokir. Dengan cara ini pemberitahuan promosi tidak akan pernah muncul lagi pada Android kita.

2. Menonaktifkan Pemberitahuan di Aplikasi Sosial Media

Menonaktifkan Pemberitahuan di Aplikasi Sosial Media
Tak dipungkiri lagi bahwa aplikasi sosial media yang paling sering menyumbang notifikasi di ponsel. Namun kita bisa membatasinya melalui setelan yang ada pada aplikasi tersebut. Bagi pengguna Twitter kalian bisa masuk ke menu yang terletak di samping, lalu klik Pengaturan & Privasi>Pemberitahuan. Pilih pemberitahuan mana yang akan dimatikan.
Pada Facebook, kalian bisa masuk ke menu tiga baris yang terletak di kanan atas. Pilih setelan pemberitahuan. Dari sini kalian bisa memilih pemberitahuan mana yang ingin dihilangkan.

3. Mengatur Filter untuk Pesan Masuk Email

Mengatur Filter untuk Pesan Masuk Email
Dalam email terdapat kategori pesan yang bukan spam namun sama-sama mengganggu. Contohnya seperti email penawaran, email invoice, email pomosi, dan lain sebagainya. Tentu saja kita tidak menginginkan setiap pesan tersebut muncul di pemberitahuan setiap saat.
Kabar baiknya layanan email seperti GMAIL sudah memiliki fitur filter untuk mengatasi masalah tersebut. Jadi pesan masuk akan terfilter otomatis sehingga kita tidak akan melihat notifikasi dari email yang kurang penting. Caranya adalah sebagai berikut.
  • Buka Gmail.
  • Pada kotak penelusuran di bagian atas, klik tanda panah bawah.
  • Masukan kriteria penelusuran. Jika ingin memeriksa penelusuran tersebut bekerja maka klik tombol Telusuri.
  • Dibagian bawah menu penelusuran, klik buat filter dengan penelusuran ini.
  • Pilih apa yang ingin kalian buat dengan filter tersebut.
  • Klik buat filter.
Saat kita membuat filter maka hanya pesan masuk baru yang berpengaruh. Juga saat ada seseorang yang membalas pesan yang telah terfilter maka balasan tersebut hanya akan difilter sesuai dengan kriteria penelusuran yang telah dibuat sebelumnya.

4. Gunakan Mode “Do Not Disturb/Jangan Ganggu”

Gunakan Mode “Do Not Disturb/Jangan Ganggu”
Banyak sebagian dari pengguna smartphone yang menggunakan mode getar saat tak ingin diganggu. Namun sayangnya mode getar ini masih mengganggu jika ponsel ditaruh di saku celana atau di atas meja.
Pilihan selanjutnya mungkin kita bisa menggunakan mode diam namun risikonya kita bisa terlewat beberapa telepon yang penting. Inilah kemudian cara yang lebih efektif dari keduanya adalah menggunakan mode “Do Not Disturb” yang ada di smartphone Android.
Kita dapat mengaktifkan mode ini pada menu Setelan>Suara & Getaran>Jangan Ganggu. Lalu cari “Izinkan Pengecualian”, aktifkan “Panggilan Berulang”. Setelah itu kita juga harus menonaktifkan fitur pemberitahuan saat mode ini diaktifkan.
Dengan cara di atas apabila ada panggilan masuk maka ponsel tidak akan berbunyi sekaligus pemberitahuan dari aplikasi apapun juga tak akan tampil. Namun apabila terdapat panggilan dari seseorang yang sama berulang kali dalam beberapa menit maka mode ini akan otomatis dimatikan.
Biasanya jika seseorang mencoba menghubungi kita lebih dari sekali selama berturut-turut maka biasanya kondisi tersebut cukup mendesak. Cukup bermanfaat bukan fitur ini?

5. Pasang Aplikasi “Spam SMS Filtering”

Aplikasi “Spam SMS Filtering”
Selain email, kini SMS telah menjadi media promosi yang cukup diminati. Nah akibatnya banyak sekali SMS masuk yang berisi penawaran yang seringkali menganggu kita. Oleh karena itu kita bisa menyaringnya dengan mengganti aplikasi SMS default menggunakan aplikasi pihak ketiga. Cara ini akan membantu kita bisa menyaring beberapa SMS yang tidak diinginkan.

Baca juga Cara Membalas SEMUA Jenis Pesan Otomatis di Semua Android

Notifikasi yang terkadang mengganggu ternyata bisa di nonaktifkan. Sekarang kamu bisa tenang menggunakan Smartphone mu tanpa harus di ganggu dengan notifikasi yang mengganggu.

Nahh itu dia Cara Menghilangkan Notifikasi Mengganggu di Android.  Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Shares

0 komentar:

Posting Komentar


Top